Monday, March 24, 2014

Tutorial SQL : Mencari Data di "Dua Field" dalam Satu Tabel

Tags

MySQL merupakan sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk menghubungkan ke berbagai database seperti Database Access, phpmyadmin, SQL Server dan database sejenis. Atau dalam arti kata lain "sebuah konsep pengoperasian basisdata, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis". sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Mysql

Dalam bahasa SQL ada sebuah cara bagaimana caranya mencari data di dua buah field berbeda di dalam tabel yang sama ? Dengan cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan Query di SQL. dengan menggunakan perintah select. Pada dasarnya perintah select adalah sebagai berikut :

SELECT * FROM tabel_a


Maka hasilnnya adalah isi dari keseluruhan tabel_a.

SELECT Field_1, Field_2 FROM tabel_a


Maka hasilnya adalah hanya menampilkan field_1, field_2 dari tabel_a

Jika ditambah dengan WHERE maka akan berbeda hasilnya, dengan kata lain Where untuk menyatakan perintah seleksi isi dari tabel_a. contohnya jika anda hanya akan menampilkan sebuah nama dalam tabel_a

SELECT * FROM tabel_a where Field_1 ="nama_yang_akan_ditampilkan"
Jika anda ingin menampilkan sebuah nama dan nama tersebut berada dalam dua buah field yang berbeda dan terdapat dalam satu tabel maka perintah query SQL / MySQL-nya adalah sebagai berikut :

SELECT * FROM tabel_a WHERE field_1 ='%nama_yang_dicari%'  OR field_2 '%nama_yang_dicari%' OR (field_1 LIKE  '%nama_yang_dicari%' ) OR (field_2 LIKE '%nama_yang_dicari%')
Untuk lebih jelasnya mengenai tanda karakter seperti yang saya tuliskan pada Query diatas di W3schools.com
Anda dapat mengembangkanya sesuai dengan keinginan anda. Cara di atas saya terapkan dalam program aplikasi pencarian yang telah saya buat dimana dalam pencariannya menampilkan secara keseluruhan data dalam tabel_a dengan memilih isi dari dua buah field_1 dan field_2 hanya dengan menambahkan karakter "%" pada query mysql.

Jika ada yang salah dari penjelasan saya diatas mohon direvisi. Ini hanya sebagai bahan pembelajaran tentang tutorial SQL : Mencari Data di "Dua Field" dalam Satu Tabel.

5 Comments

sip , jos gandhos
ini ilmu yg sangat bermanfaat bagi orang yg buta akan ilmu seperti saya
ijin sedot semua ilmunya yah mas :)
Makasih

silahkan gan, terimakasih sudah mampir di blog saya

Thnkz ilmunya mas, akhirnya dapat juga solusi untuk script pencarian saya..

Makasih ilmunya gan, sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya..

Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih
EmoticonEmoticon