Wednesday, September 19, 2018

Cara Melihat Spesifikasi Komputer Mudah dan Cepat

Cara Melihat Spesifikasi Komputer - Sebelum membahas tentang bagaimana cara mengetahui spesifikasi komputer mudah dan cepat? Untuk diketahui bahwa dengan mengetahui spesifikasi komputer bermanfaat bagi kita sebelum menginstall game atau aplikasi. Dengan mengetahui spec yang ada anda dapat menentukan apakah pc anda mampu untuk diinstall berbagai macam software.

Jangan pernah memaksakan untuk menginstall aplikasi atau game ke komputer yang spesifikasi-nya dibawah rekomendasi minimun dari game atau aplikasi tersebut.

Untuk mengetahui spesifikasi komputer dapat menggunakan beberapa cara, diantaranya dapat anda ikuti dibawah ini.

Cara Melihat Spesifikasi Komputer


Untuk dapat mengetahui spesifikasi komputer dan laptop dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu dengan menggunakan tools yang telah disediakan oleh Windows atau dapat menggunakan tools lain.

#1. Cara Melihat Spesifikasi Komputer Dengan DxDiag
Cara mengetahui spesifikasi komputer dengan DxDiag atau Directx Diagnostic Tools yaitu pertama buka RUN atau tekan tombol Win + R secara bersamaan kemudian tuliskan "DXDIAG" kemudian tekan Enter, setelah itu anda akan melihat tampilan seperti dibawah ini.

Cara Cek Spesifikasi Komputer Dengan DxDiag


Selanjutnya anda dapat menggunakan tools lain yaitu dengan menggunakan software pihak ketiga yaitu CPU-Z. Melalui tools ini kalian juga dapat mengetahui spesifikasi kartu grafis yang telah terpasang yaitu pada artikel saya sebelumnya yang berjudul Cara Mengetahui Informasi VGA Komputer.

#2. Cara Melihat Spesifikasi Komputer dan Laptop Dengan CPU-Z
Cara ini dianggap effektif untuk melihat secara keseluruhan spesifikasi komputer. Hasil yang didapatkan cukup maksimal karena dapat menampilkan secara lengkap dan detail.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini disetiap komputer dan laptop, namun sebelumnya download aplikasi dan install CPU-Z dikomputer, atau dengan menggunakan CPU-Z yang portable. Setelah anda jalankan akan terlihat seperti dibawah ini.

Cara Cek Spesifikasi Komputer dan Laptop Dengan CPU-Z


Seperti yang anda lihat diatas tools CPU-Z ini menampilkan hampir seluruh perangkat keras yang telah terpasang pada komputer.

Selain menggunakan DxDiag dan Freeware CPU-Z anda dapat menggunakan tools lain yaitu Speecy, GPU-Z, HWinfo dan masih banyak yang lainnya.

Demikian Cara Melihat Spesifikasi Komputer yang Mudah dan Cepat diatas berguna dan membantu kalian sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan upgrade hardware dan install game dan aplikasi.

Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih
EmoticonEmoticon