Saturday, June 06, 2020

Cara Membuat ComboBox Di Delphi 7

Tags

Cara Membuat ComboBox Di Delphi 7 - Dalam bahasa pemrograman Delphi 7 kita mengenal beberapa komponen untuk melakukan input data contohnya : Menggunakan TextEdit, CheckBox, Radio Button, List Box dan ComboBox. Saya ambil kasus membuat comboxbox di delphi  karena cara ini terbilang gampang / mudah dilakukan apalagi anda ingin menampilkan database mysql.

Disetiap komponen yang saya sebutkan diatas mempunyai kegunaan masing-masing. Dan komponen dalam delphi 7 tersebut dapat digunakan sebagai media untuk melakukan memasukkan data kedalam sebuah database.

Baca Juga :

Cara Membuat ComboBox Di Delphi 7


1. Buka program Delphi 7 anda
2. Klik pada pallete komponen dan pilih ComboBox dan letakkan dalam Form
gambar cara membuat combobox 1 delphi 7
3. Sorot / klik sekali dalam ComboBox dan klik pada Object Inspector > Propertis > Items
gambar cara membuat combobox 2 delphi 7

4. Isikan beberapa Item yang akan anda tampilkan dalam combobox dan klik OK (jika sudah selesai)
gambar cara membuat combobox 3 delphi 7

jika ingin menampilkan data pertama (Data 1) yang telah dimasukkan maka ganti angka -1 (yang saya lingkari dalam gambar dibawah ini dengan angka 0 (nol)
gambar cara membuat combobox 4 delphi 7

5. Simpan / save project dan RUN

Demikian cara membuat combobox di delphi 7, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

4 Comments

sampai saat ini saya tidak mengerti tentang pemograman yang satu ini, Delphi, sedikit yang saya ketahui hanyalah tentang Pascal

hampir sama dengan pascal kok mbak ana, terimakasih udah mampir ke blog saya mbak...

Gan gimana caranya buat String list Editornya di samping comboboxnya, jadi untuk menambah Comboboxnya itu bukan di Itemsnya lagi..jadi klo aplikasinya udah bisa dijalankan, sebagai user bisa menambahnya langsung tanpa menghubungi developernya lagi..Minta Pencerahannya Gan.. trimaksih..

sama mbak ana.. yang penting dah menguasai salah satu bahasa, pasti cepat bisa. dulu saya visual basic dasarnya.

Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih
EmoticonEmoticon