Tuesday, January 28, 2014

Cara Membuat Index Tabel *.DBF Delphi

Tags

Dalam sebuah Database, Index Table dalam Database sangatlah diperlukan untuk memungkinkan dalam pencarian data menjadi lebih cepat.  Satu indeks di suatu database adalah daftar data tertentu dari tabel dengan lokasi penyimpanan baris dalam tabel berisi masing-masing nilai. indeks dapat diciptakan dimanapun suatu kolom atau suatu kombinasi dari kolom di suatu tabel. Dengan begitu kita dapat dengan mudah menemukan data yang kita cari baik dalam satu tabel maupun mencari data dalam 2 tabel sekaligus
gambar Database Desktop Delphi 7

Ketika Sebuah aplikasi database melakukan suatu statement untuk menemukan data dalam sebuah tabel berdasar suatu nilai tertentu atau pada kolom yang ditetapkan, mengenali indeks untuk kolom tersebut dan menggunakan indeks itu untuk menemukan data. Jika indeks tidak ada, melakukan suatu permulaan scan tabel yang penuh pada awal tabel dan melangkah melalui masing-masing baris, mencari-cari nilai pada setiap kolom yang sudah ditentukan sebelumnya menjadi sangatlah mudah dan cepat.

Pada bahasa pemrograman delphi pastinya sudah mengenal sebuah aplikasi yang bernama Database Desktop dimana fungsinya untuk melakukan / membuka sebuah tabel yang mempunyai ekstensi *.DB dan *.DBF.

Kali ini saya akan berbagi bagaimana Cara Membuat Index Tabel *.DBF Delphi dengan menggunakan bahasa SQL / MySQL. cara ini tergolong mudah dan tidak terlalu ribet.

- Buka BDE (Borland Database Engine) dan arahkan ke folder dimana anda menyimpan tabel / table *.DBF yang telah anda buat sebelumnya
- Buka Aplikasi Database Desktop Delphi 7
- Pilih Menu File > New > SQL File
- Setelah tampil sebuah layar baru SQL tuliskan kode dibawah ini
CREATE INDEX Nama_Kolom ON "Nama_Tabel.DBF" (Nama_Kolom)

* Penting
- Cara ini untuk mengatasi / mempercepat dalam membuat sebuah index pada sebuah tabel / table.
- BDE Borland Database Engine merupakan sebuah aplikasi penghubung antara database dengan database desktop dan penghubung sebuah aplikasi delphi dengan database (seperti ZeosLib)
- Database Desktop merupakan sebuah aplikasi bawaan delphi yang berguna untuk melakukan Query SQL.

2 Comments

kalo db nya pake ms acces, gimana caya aktipin index nya?

buka aja di ms acces lalu klik kanan pada salah satu tabel, kemudian pilih design view setelah itu klik salah satu field yang mau diindex disitu ada 2 pilihan gan.

Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih
EmoticonEmoticon