Saturday, August 01, 2020

Cara Menghapus Duplikat Excel Menggunakan Access

Selamat datang kembali lagi bersama kami Maxandro.com, pada kesempatan sebelumnya admin pernah membahas tentang cara menghapus data yang sama / duplikat di excel, namun kali ini kami akan membahas bagaimana caranya menghapus duplikat dengan menggunakan Access.

Cara Menghapus Duplikat Excel Menggunakan Access


Ketika anda mengolah data yang sangat banyak menggunakan microsoft excel pasti ingin mengetahui apakah ada data yang sama atau tidak. Jika ternyata dalam data anda diketahui memiliki data yang sama sangat banyak untuk menghapus secara manual akan memerlukan waktu yang sangat lama.

Sebenarnya pada aplikasi excel ada beberapa cara untuk mengetahui data duplikat yaitu dengan menggunakan tools Remove Duplicate atau menggunakan rumus di bawah ini :
=IF((Baris1=Baris2);"Sama";"Tidak Sama")

Nah, penasaran kan bagaimana cara menghapus duplikat excel menggunakan access? simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Menghapus Duplikat Excel Menggunakan Access


1. Siapkan data excel yang akan anda cari apakah ada data duplikat.

2. Kemudian export data excel tersebut ke Access.

3. Setelah data siap lanjutkan dengan membuka menu Create kemudian pilih Query Design.

4. Setelah itu pilih tabel Excel yang telah anda export tadi pada tempat yang disediakan.

5. Pilih semua kolom tabel yang ada pada tabel excel kemudian klik Property Sheet, lalu akan menampilkan seperti pada gambar dibawah ini, setelah itu pada bagian Unique value ganti menjadi Yes.
Cara Menghapus Duplikat Excel dengan Access


6. Setelah selesai jalankan dengan menekan tombol tanda seru berwarna merah pada pojok kiri atas (RUN).

Dengan begitu data duplikat yang ada pada data Excel yang anda miliki telah hilang atau terhapus.

Demikian cara menghapus data duplikat excel menggunakan access, semoga berguna dan bermanfaat bagi anda.

Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih
EmoticonEmoticon