Wednesday, March 22, 2023

Cara Membuat Kode Barcode Dengan Excel

Cara Membuat Kode Barcode Dengan Excel - Barcode sekarang ini menjadi hal terpenting dalam sebuah perusahaan yang boleh dikatakan bergerak dalam bidang penjualan. Karena dengan menggunakan alat barcode maka penyimpanan data atau melakukan input data menjadi lebih cepat dan akurat.

Jika dalam sebuah program yang dibuat dengan berbasiskan Bahasa Pemrograman Delphi pastinya sangatlah mudah untuk dipresentasikannya. Sebuah program yang menggunakan Barcode sendiri sekarang ini semakin banyak peminatnya seperti pada program aplikasi toko, aplikasi gudang, aplikasi karir dan lain-lain. Itu semua disebabkan Penggunaan Barcode sendiri yang semakin mudah.

Baca: Tutorial Input Barcode Scanner Dengan Aplikasi Delphi.

Cara Membuat Kode Barcode Dengan Excel

Jika anda sudah memiliki alat tersebut (Barcode Scanner) pasti membutuhkan sebuah Kode Batang atau Kode Barcode untuk melakukan scanning data agar dapat diinputkan dalam sebuah aplikasi. Kali ini saya akan berbagi cara membuat barcode di Excel.

Cara Membuat Kode Barcode dengan MS. Excel

1. Buka Microsoft Excel dan download tipe barcode dengan browsing di Google.com dengan mengetikkan tipe huruf barcode (C39P24DITt) setelah itu copy dan pastekan di dalam folder font pada komputer anda.
2. Tuliskan data yang akan dijadikan Kode Barcode (lihat gambar kolom A / Data)
3. Ketikkan kode excel berikut ini agar menjadi (*kode_data*). hasil lihat gambar kolom B / Kode Data Barcode.
="*"&nama_kolom_bariske&"*"
contoh yang saya gunakan

="*"&A2&"*"
maka hasilnya akan tampak seperti gambar pada kolom B / Kode Data Barcode
4. Copy dan klik kanan pilih Paste Specials dan pilih Values, setelah itu ganti tipe tulisan barcode yang telah anda download dan copy paste pada komputer anda (lihat gambar kolom C / Kode Batang)
5. Cetak Kolom C / Kode Batang yang telah jadi dan siap untuk di lakukan barcoding / ditempelkan dalam setiap kemasan produk anda.

Demikian cara membuat kode barcode dengan mudah semoga dapat bermanfaat dan hasilnya dapat anda lihat seperti gambar diatas.

3 Comments

dengan excel dapat buat barcode
info sip gan...

makasih gan semoga dapat bermanfaat, terimakasih

infonya sangat bermanfat dan menambah wawasan,, thanks gan.. http://goo.gl/by7OuJ

Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih
EmoticonEmoticon