Tuesday, November 19, 2013

Komponen Pendukung Pemrograman Delphi

Tags

Delphi adalah sebuah Lingkungan pengembangan terpadu (IDE) untuk mengembangkan aplikasi konsol, desktop, web, ataupun perangkat mobile. Produk ini pada awalnya dikembangkan oleh CodeGear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik Embarcadero, divisi tersebut sebelumnya adalah milik Borland.

Bahasa pemrograman Delphi, atau dikenal pula sebagai object pascal (pascal) dengan ekstensi pemrograman berorientasi objek (PBO/OOP)) pada mulanya ditujukan hanya untuk Microsoft Windows, namun saat ini telah mampu digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk Mac OS X, iOS, Microsoft .NET framework. (sumber : wikipedia.org)
Embarcadero Delphi
Selain itu juga Delphi memiliki banyak fitur dan beberapa komponen / Component pendukung atau tambahan yang sangat baik dan bagus serta mudah dalam pengoprasiannya.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai beberapa komponen tambahan pada Bahasa Pemrograman Delphi diantaranya :

  • ZeosLib / ZeosDBO merupakan suatu komponen yang digunakan untuk menghubungkan koneksi ke Database seperti (MySQL, Firebird dan lain - lain) untuk tutorial Koneksi MySQL dengan Zeos sudah pernah saya tulis sebelumnya.
  • TMS Component merupakan suatu komponen yang berfungsi untuk membuat menu ribbon seperti pada Microsoft Office 2007 atau yang lebih baru.
  • Crystal Report merupakan suatu komponen yang berfungsi untuk membuat laporan / menampilkan laporan.
  • Fast Report seperti halnya Crystal report yang mempunyai fungsi untuk membuat laporan / menampilkan laporan data dari database.
  • Alpha Control atau biasa disebut AlphaSkin merupakan suatu komponen yang berguna untuk membuat aplikasi menjadi lebih menarik, baik dari sisi tampilan maupun sisi grafis. Dengan begitu aplikasi akan lebih bagus dan terlihat menarik.

Demikian beberapa komponen Bahasa Pemrograman Delphi yang bisa saya jabarkan dan semoga dapat membantu teman-teman semua, dan mungkin itu bukan seberapa masih banyak lagi yang lain komponen pendukung Delphi yang bisa digunakan selain yang saya sebutkan diatas diatas.

Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih
EmoticonEmoticon