Thursday, April 12, 2018

Istilah Penting di Sirkuit MotoGP

Tags

Istilah Penting di Sirkuit MotoGP - Siapa yang tidak kenal dengan dunia balap motor yang terkenal seantero dunia adalah MotoGP. Dalam setiap balapan anda pasti sering mendengar beberapa istilah yang dikatakan oleh seorang komentator. Mungkin yang kita tau hanya start, finish dan pitstop, tetapi taukah anda bahwa istilah tersebut mempunyai arti. Berikut beberapa penjelasannya.

Sirkuit MotoGP


White Line
Garis putih. Dari ini terdapat di dalam perlintasan berdekatan dengan bibir lintasan. Fungsinya memberi guidance untuk menentukan racing line yang benar.

Curbstones
Biasanya ada di tepian sekitar tikungan. Area curbstones ditandai dengan cat warna-warni yang mencolok mas bro, biasanya sih kombunasi dua warna. Nah area ini memiliki bentuk gundukan gerigi, hal ini difungsikan sebagai tepian akhir untuk mendorong kendaraan kembali ke dalam racing line jika sudah keluar dari area aspal.

R (radius)
Merupakan istilah untuk semua tikungan. R sendiri berasal dari kata Radius. Nah makanya sering kita dengan istilah R1, R2, dst itulah maksudnya tikungan 1, tikungan 2, dst.

Straight
Straight berarti lurus. Ini merupakan sebutan untuk track lurus.

Gravel
Kalau mas bro sering lihat pembalap crash maka biasanya akan tertahan oleh pasir disekitaran lintasan. Nah itulah yang disebut gravel. Pasir yang berfungsi untuk menghentikan laju sepeda motor maupun rider saat terjadi crash.

Chicane
Chicane merupakan sebutan untuk track berbentuk S. Disinilah biasanya skill rider di uji, sebab disini rider disuguhkan satu tikungan kekiri dan langsung banting stang kekanan.

Hairpin Corner
Maksudnya adalah tikungan dengan bentuk seperti konde. Tikungan ini biasanya memaksa pembalap untuk melakukan hard braking.

Chamber
Lintasan miring. Biasanya terdapat di tikungan. Makanya disebut tikungan chamber. Nah fungsinya untuk mempermudah pembalap melewati tikungan tersebut meskipun dengan kecepatan tinggi.

Waiting Zone
Tempat dimana para pembalap berkumpul sebelum menuju garis start setelah dipanggil petugas.

Scruttineering
Tempat memeriksa motor setelah balapan berlangsung. Pemeriksaan sendiri dilakukan untuk mengetahui apakah motor yang digunakan balapan sesuai aturan teknis balap. Apabila melanggar, maka motor akan didiskualifikasi dan hasil yang dicapai dianggap hangus.

Jump Start Camera
Letaknya di pinggir lintasan di sepanjang starting grid. Fungsi dari kamera ini adalah melihat pergerakan para rider saat start. Jadi kalau pembalap ada yang sudah start duluan sebelum lampu start padam maka akan terpantau disini.

Qualifying Time Trial
Arti dari istilah ini adalah pembalap diberikan waktu untuk memacu motornya mengitari sirkuit untuk mendapatkan waktu tercepat. Hal ini biasanya diamnfaatkan untuk mencari settingan yang pas sebelum akhirnya mampu menorehkan catatan waktu terbaik sebelum race.

Paddock Area
Area dimana para pelaku balap berada. Dari pembalap, mekanik, manajer dan dll yang terlibat dengan sebuah tim balap. Nah disinilah strategi dan settingan motor dirancang.

Pit Area
Merupakan lintanasan dimana ketika pembalap meninggalkan paddock untuk menuju lintasan balapan.

Pit Line
Pit line merupakan tempat dimana para marshal pengibar bendera berdiri.

Parc Fermé
Area dimana digunakan sebagai tempat pembalap yang naik podium. Nah disini biasanya menjadi tempat wawancara media kepada pembalap.

Start
Tempat dimana pembalap berkumpul untuk memulai race. Biasanya disini terdapat grid-grid untuk posisi start rider.Startting GridStarting grid berupa garis dengan angka yang menunjukkan posisi start rider.

Lampu Start
Lampu petunjuk dimulainya balapan. Biasanya berada didepan atas garis start.

Finish
Ditandai dengan garis yang memotong sirkuit. Selain garis biasanya disitu juga akan ada bendera putih dan hitam kotak-kotak yang dikibarkan.

Race Director Room
Tempat pimpinan lomba berada. Di sinilah seluruh balapan dipantau mas bro. Mulai catatan waktu, urutan pembalap, hingga gambar yang terhubung dengan kamera jump start dan gerak-gerik pembalap.Lap Board.Papan petunjuk sisa lap. Misalnya di lap board terdapat tulisan 3, maka ini artinya pembalap harus mengitari 3 lap lagi sebelum akhirnya finish.

Podium
Tempat penghormatan bagi pembalap yang menjadi juara. Nah disinilah para juara diberi tropi dan.Tribun.Yang ini mungkin nggak asing bagi bro sis. Yups, tribun merupakan tempat duduk dipinggiran sirkuit untuk para penonton.

Transfonder
Merupakan alat yang diletakkan pada setiap motor rider yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal pada komputer yang ada di race director room ketika motor melewati garis finish. Di garis finish sendiri sudah dipasang receiver yang mencatat data yang dikirim transfonder. Data itu diterjemahkan dalam catatan waktu yang dihasilkan motor setiap melintasi garis finish.

Conference Press Room
Nah disini biasanya rider mengeluarkan statemen terkair race yang telah dijalaninya. Selain itu di ruangan ini juga para wartawan dapat mewawancarai rider.

Demikian istilah penting MotoGP yang sering kita dengar sewaktu balapan berlangsung. Sumber : motohits.com

Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih
EmoticonEmoticon