Thursday, May 01, 2014

Cara Menambahkan Gambar Pada BitButton Di Delphi 7

Tags

Dalam Bahasa Pemrograman Delphi 7 pasti sudah mengenal apa itu tombol bitbutton dan kegunaannya. Pada Delphi terdapat dua buah tombol yaitu Bitbutton dan Button. yang menjadi perbedaan keduanya adalah untuk menambahkan gambar atau icon dalam tombol tersebut.

Menurut pengalaman saya yang selama ini yang sudah saya terapkan dalam berbagai software aplikasi yang berbasiskan delphi 7 yang bisa ditambahkan gambar hanyalah tombol bitbutton dimana kegunaan atau fungsinya sama seperti button.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai Cara Menambahkan Gambar Pada BitButton Delphi 7

1. Buka Program Delphi 7 atau Project yang sedang anda kerjakan
2. Jika sebelumnya anda sedang membuat sebuah aplikasi tinggal ganti saja Button dengan BitButton
3. Klik pada BitButton > lihat pada Object Inspector scroll mouse anda kebawah dan cari Glyph setelah itu klik tombol lihat pada gambar dibawah ini
gambar cara menambahkan gambar pada bitbutton

Untuk extensi gambar dapat menggunakan  BMP (Bitmaps), PNG, ICO (icon). Ukuran gambar dapat anda sesuaikan sesuka anda saya memakai ukuran 20x20 pixel
4. Simpan aplikasi dan Run
Untuk hasilnya pada aplikasi saya seperti gambar dibawah ini
gambar hasil cara menambahkan gamabr pada bitbutton

Mudah bukan Cara Menambahkan Gambar Pada BitButton Delphi 7 tersebut. Cara ini sebagai langkah bagaimana anda dapat mempercantik tampilan pada aplikasi yang sedang anda buat saat ini. Baca juga Cara Menampilkan Gambar *.GIF di Delph.

1 Comments so far

saya udah coba masukkan, tapi karena gambar saya ukuran nya besar jadi ngga keliatan. ngubah ukuran nya gimana ya?

Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih
EmoticonEmoticon